Welcome to my blog site

Simulasi Jaringan GNS3 (UAS)

Oke teman - teman, kali ini saya akan membagikan tutorial simulasi jaringan GNS3. dan juga sebagai bahan Tugas Akhir dari Mata Perkuliahan Internet Client Server .

Jadi Simulasi yang akan kita gunakan yaitu menggunakan aplikasi GNS3, dengan Skema Jaringannya seperti dibawah ini :
1. Server Linux
2. Router Cisco
3. Client Kabel MacOs
4. Client Wireless Windows

Baik mari kita langsung menuju langkah - langkahnya :

1. Langkah pertama kamu harus menyiapkan sebuah aplikasi GNS3, Virtual Box/VMWare.
2. Langkah ke-dua kamu juga harus menyiapkan system Operasi Debian 7.8.0, IOS Router Cisco c2691, Windows 7 ultimate 32bit dan MacOs
3. Selanjutnya yang ke-tiga buatlah sebuah Virtual dari system Operasi Debian dan Windows 7 dan MACOS sehingga hasilnya seperti di bawah ini.


4. Langkah Selanjutnya kita setting terlebih dahulu untuk konektivitas adaptor dari tiap-tiap virtual dengan cara masuk ke settingan network lalu pilih adaptor 1 selanjutnya pilih generic driver untuk adaptornya.

5. Selanjutnya buka Aplikasi GNS3, lalu kita akan memasukan virtual yang sudah kita buat tadi ke aplikasi GNS3, caranya kamu masuk ke menu edit lalu pilih Preferences lalu cara virtual yang kamu gunakan dan saya menggunkan virtual-box, pilih vitual-box VMs lalu klik new selanjutnya next dan nanti secara otomatis akan kedeteksi oleh GNS3, lakukan hal yang sama, sehingga menjadi 3 virual.


  Untuk merubah simbol dari virtual yang dibuat kamu bisa merubahknya dengan cara masuk ke edit lalu pilih simbol.


6. Setelah semua selesai buatlah sebuah topologi seperti ini.


   Untuk Router Cisco kamu harus install terlebih dahulu untuk IOSnya dan saya menggunakan IOS Cisco c2691 dan untuk switch sudah ada di aplikasi GNS3, kalau sudah, kamu langsung start device untuk memanggil virtual yang sudah kamu buat sebelumnya. sehingga bisa terhubung antar perangkat sehingga tampilannya seperti ini.


7. Langkah Selanjutnya kita lakukan konfigurasi servernya dengan cara memasukan alamat IP address di server debian, sehingga seperti ini.


8. Langkah selanjutnya lakukan pengecekan, apakah ip tersebut berjalan atau tidak, dengan cara melalukan ping ke IP 192.168.10.1 dan hasilnya harus seperti ini.


9. Langkah selanjutnya kita lakukan konfigurasi pada Router Cisco, dengan memasukan IP address di Fa0/0 dan Fa0/1, dan tampilanya seperti ini.

10. Langkah Selanjutnya kita setting IP address di Window-7 dan MACOS seperti pada gambar ini.

SETTING WINDOWS 7
SETTING MACOS
11. Langkah Selanjutnya kita lakukan Routing untuk menghubungkan antara network server sama network client, caranya seperti berikut, Ip route 192.168.20.0 255.2552.255.0 192.168.10.1.

12. Langkah terakhir adalah melakukan pengecekan dengan menggunakan PING. dan hasilnya seperti ini.
Melakukan pengecekan dari server ke Router.

   Melakukan pengecekan dari Router.


Sekian Tutorial dari saya, mohon maaf apabila banyak kekurangan dan kesalahan dalam penjelasannya, terimkasih.

0 Comment for "Simulasi Jaringan GNS3 (UAS)"

Back To Top